Laser Cutting Grafir dan Peluang Usahanya

Laser Cutting Grafir dan Peluang Usahanya

 

6198889_20131219103434Keinginan dari salah satu perusahaan resto akan display akrilik membuat saya mengenal lebih jauh tentang peralatan apa yang digunakan. Saat saya berfikir bahwa tidak cukup hanya asal terima order dengan harga bersaing, namun juga harus memberikan produk dengan kualitas terbaik, akhirnya membawa saya secara sengaja dan tidak sengaja mengenal apa itu laser cutting, laser marking, dan laser engraving.

Jika bahan akrilik transfaran dipotong menggunakan cutter atau mesin potong biasa, maka pada permukan bahan bekas potongnya akan terlihat kusam. Namun berbeda jika bahan akrilik tersebut dipotong dengan laser cutting, maka pada permukaan bahan/material yang dipotong tetap transfaran bahkan terlihat lebih mengkilat dengan goresan-goresan halus akibat perlakuan sinar laser.

Seiring kualitas hasil akhirnya, pastinya harga mesin laser cutting jauh lebih mahal dibandingkan dengan cutter biasa. Begitu pun bagi kita yang belum punya kesanggupan untuk membeli kedua mesin tersebut, maka menggunakan jasa potong oleh kedua alat di atas dikenakan harga yang juga berbeda. Di salah satu tempat penyedia jasanya di Bandung misalnya, dimana di tempat tersebut terdapat kedua jenis mesin tersebut, harga potong laser cutting adalah Rp. 150,- per centimeter, tiga kali lipat dari harga potong dengan cutter biasa yang hanya Rp. 50,- per centimeter, meskipun harga-harga tersebut bisa berkurang (diskon) jika pemotongan yang dilakukan berjumlah besar.

Laser cutting adalah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong berbagai macam bahan. Laser cutting biasanya digunakan dalam industri manufaktur, namun tidak hanya terbatas untuk itu, dunia percetakan dan advertising pun tak ketinggalan pula menggunakan teknologinya. Tanpa diragukan lagi, model bisnis dalam industri percetakan dan periklanan telah berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sebuah proses yang mirip dengan laser cutting adalah laser engraving. Perbedaan yang paling menonjol pada keduanya adalah jika pada laser cutting sinar laser diatur sedemikian rupa supaya dapat menembus bahan, sehingga terpotong dan terlepas, sedangkan pada laser engraving bahan atau media tidak sepenuhnya ditembus oleh laser, namun seperti namanya, maka laser digunakan untuk menggores atau mengukir permukaan bahan dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Melihat Peluang Usaha Laser (Cutting, Engraving, Dkk.)

Teknologi laser ternyata membuka pintu untuk peluang bisnis yang baru, membuat unik/berbeda, menghasilkan aliran pendapatan baru, dan meningkatkan margin keuntungan. Dengan menggunakan sistem laser, sign dan display perusahaan dapat dengan mudah dibuat di atas berbagai media seperti akrilik, kertas, kayu, polystyrene, logam, karet, kulit dan sebagainya. Kemampuan untuk menghasilkan bentuk yang tidak biasa memungkinkan untuk menghasilkan produk akhir yang berkualitas, lebih menarik dan lebih bernilai tinggi.

Mesin laser memiliki kemampuan untuk memotong (cutting), menggores (marking), gravir (engraving), dan melubangi (perforating). Sehingga dengan perpaduan kemampuan-kemampuan tersebut, banyak varian produk yang dapat dihasilkan, diantaranya:

  • Acrylic. Aneka display produk, ID Card, puzzle, dan aneka merchandise seperti gantungan kunci, penindih kertas, jam meja, dan sebagainya.
  • Kertas. Album foto, box, company profile, annual report, kartu undangan, bingkai foto, kartu nama, kartu ucapan, dan lain-lain.
  • Kain, Karet, Kulit, dan Kain. Jaket, pakaian, tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, aksesoris, gantungan kunci,prhiasan, stempel, gantungan kunci, dan sebagainya.
  • Kaca. Ukiran kaca berukuran besar pada interior ruangan, hingga kaca ukuran kecil untuk pajangan, seperti foto keluarga, dan lain-lain.
  • Kayu, Tripleks, Melamin. Aneka ukiran untuk masjid, rumah makan atau cafe, stick drum, gitar, papan skateboard, merchandise, foto, dan sebagainya.
  • Logam. Suku cadang mesin, kendaraan, rangka, tutup, dan berbagai pengerjaan logam.
  • Material alami. Batu-batuan, Lantai keramik, Kerang, dan sebagainya.

Sekarang kita bisa menggunakan sistem pengolahan laser, baik itu laser cutting, laser engraving, dan sebagainya, untuk mengubah desain atau gambar dari komputer menjadi benda-benda tertentu yang pastinya menciptakan serangkaian peluang baru untuk bisnis yang kita miliki. Tidak harus memiliki mesin lasernya sendiri, meskipun idealnya begitu, karena jika belum memilikinya pun kita bisa melakukan kerjasama dengan penyedia jasanya. Jadi, tidakkah peluang usaha laser cutting ini sangat menarik bagi kita? Saya sendiri insyaAllah sedang mengarah ke bisnis ini. ~Cepi Nugraha

 

Sumber:

http://rumahcahaya.com/

Incoming search terms:

  • harga cetak grafir (2)
  • cutting firza husein (1)
  • dompet ukir laser (1)
  • jasa grafir wajah laser akrilik jakarta (1)
  • jasa laser cutting grafir tokopedia (1)
  • jasa laser dompet (1)
  • model cetak grafir (1)
  • pilkada2017 kpu go id/hasil/tl/sulawesi_barat (1)
Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0